Senin, 04 Mei 2009

Janji sederhana...untuk istri tercinta..

Malam itu...Aku menyusuri sepanjang sisi kota mataram...dengan kedua anakku dan istri, waktu baru menunjukan pukul 8.30 malam,,tapi jalanan udah terasa agak sepi....maklum mataram adalah kota kecil, keramaian hanya ada di mall,dan pusat perbelanjaan,,tempat orang2 mengukur batas kemewahan,memuaskan hasrat berbelanja,atau sekedar melihat pijarnya kunang2 malam, ...Ibarat laron2 yang mendatangi Lelampuan untuk menghangatkan diri dan keluar dari jenuh dan suntuknya kehidupan..dan sebagian lagi ada di taman kota ,tempat anak2 muda pada kasak kusuk dikegelapan,belajar mengenal cinta dan mengabaikan norma.

Tiba di sebuah persimpangan jalan tumpang sari yang sepi ,dekat kampung Bali, namanya kampung Negara sakah, aku melihat bapak tua penjual soto sedang membawa gerobak jualannya... nggak ada yang istimewa, hanya gerobaknya yang masih penuh dan sepasang tangan yg renta...dengan segenap tenaga mendorong gerobaknya, yang membuat aku dan istri begitu tergetar ketika melihat seorang ibu tua Yang tak lain istri bapak tadi membantu menarik gerobak dari depan....Berbagai pertanyaan dan iba ada dalam benak kami...Kemana anak2 mereka? Jam segini,,,waktu dimana orang2 usai makan malam...apa ada yang mau membelinya? Segitu setianya seorang Istri,,atau memang keadaan yang mengharuskan mereka harus selalu berdua....membagi duka..membagi setia hhmm . Semoga semua, tak seperti yang kubayangkan.

Menjelang tidur malamku,aku sempat berbincang dengan Istriku,,Cerita tentang rasa cinta yang selau harus dijaga hingga uzur...Kesetiaan, kata sakti yang didambakan semua pasangan..Sebab dalam hidup,Pasangan kitalah yang tahu dan mau menguatkan saat kita terjatuh,,tempat berbagi duka, suka dan cinta...Kalo di jawa ada ungkapan” Tresnane koyo mimi lan mintuno,Mimi dan mintuno adalah sjenis hewan laut yang kemanapun selalu berdua dan beriringan, Anut runtut tansah reruntungan...Jika usia sudah mulai menua..Ilang tresnane kari rukune...Memang benar adanya ,,,"Kesetiaan perlu kesungguhan mengusahakanya...jauh dilubuk hatiku,aku punya Janji sederhana untuk Istri tercinta"...
Janji tuk setia...
 
  Mataram, 3 Mei 2009

2 komentar:

Yon mengatakan...

tak jadikan teladan pak semoga aku juga bisa seperti itu amin

satria bayutanaya mengatakan...

weriweri nais trit